Belajar Bareng Instrumen Musik Yuk..

Apakah anda seorang pelajar ? Dan apakah ada mengalami kesulitan saat belajar atau kurang paham materi pelajaran ? mungkin anda telah putus asa dengan apa yang sedang anda rasakan saat ini bukan ? anda bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan memanfaatkan musik instrumen saat belajar. Mungkin cara ini akan berhasil membuat keseimbangan antara kinerja otak kanan dan otak kiri anda, karena jika kedua otak (otak kiri dan kanan) selaras dengan baik maka kinerja otak anda akan semakin baik pula digunakan untuk menghafal atau mempelajari materi pelajaran agar cepat paham dan mengerti dengan jelas dan cepat. Mengapa harus dengan musik instrumen ? 
via ayomengajariindonesia.blogspot.com
Ada sebuah penemuan dan penemuan tersebut berhubungan dengan fungsi otak manusia. Dan yang perlu anda tahu atau mungkinkah anda sudah tahu bahwa otak kita terbagi atas dua bagian yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan, dan untuk masalah dari bentuknya pastilah sama namun tidak begitu sama pula, tapi fungsinya jauh berbeda. 

  • Otak kiri berfungsi untuk hal yang bersifat analitis, makanya berfungsi untuk matematika, logika, penilaian,bahasa verbal,angka angka,urutan urutan, analisis.
  • Otak kanan berfungsi untuk hal hal kreatif, cara bekerjanya juga berbeda, seperti untuk bentuk, intuisi, lagu dan music, warna warni, symbol, gambar, imajinasi, menghayal. 
via rmtbookstore.blogspot.com

Jadi ada saatnya dimana otak kiri ataupun otak kanan yang bekerja. Otak kanan bekerja pada saat seperti, pada saat kita mendengarkan dua sumber suara yang berbeda (suara presentasi dan suara music), namun tidak terganggu, karena suara yang satu (presentasi) didengarkan oleh otak kanan dan suara music didengarkan oleh otak kiri. Ketika seesorang menggunakan otak kiri dan kanan secara seimbang maka otak akan lebih mudah untuk konsentrasi dan menghafal.

Contoh kalian merasa kesulitan dalam menghafal sebuah pelajaran, tapi betapa pun sulitnya kalian menghafal materi tersebut, maka betapa mudahnyakalian menghafal kata kata dari lagu yang kalian sukai, mengapa bisa demikian ? karena didalam sebuah lagu ada melodi, melodi berbicara tentang otak kanan. Gunakan kedua otak anda dengan seimbang, agar dapat lebih mudah menghafal dan mengerti materi pelajaran.

Coba belajar dengan mengunakan music, karena music mempengaruhi kondisi psikologi seseorang (ini memang benar bukan ?). Relaksasi yang diiringi dengan music membuat pikiran selalu siap dan membuat berkonsentrasi. Dengan menggunakan music yang khusus anda dapat mengerjakan pekerjaan mental yang melelahkan sambil tetap relaks dan berkonsentrasi. Dalam situasi otak kiri sedang bekerja ketika membaca materi, maka music akan membangkitkan reaksi otan kanan yang intuitif dan kreatif, sehinggamasuknya dapat dipadukan dengan keseluruhan proses otak kita. 

Itulah sedikit pembahasan tentang belajar memanfaatkan musik instrumen untuk belajar agar dapat memahami dan menghafal dengan cepat, bagaimana sekarang anda sudah tahu bukan tentang rahasia ini ? silahkan anda share artikel ini dan bantulah banyak orang untuk mendapatkan jawaban yang mereka cari tentang bagaimana cara untuk belajar efektif.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Bareng Instrumen Musik Yuk.."

Post a Comment